HOT TOPIC

Tenggelamkan Persegres, Arema Kuasai Singgasana

|


GRESIK - Arema Cronous terus melanjutkan tren positif mereka di tiga laga terakhir kompetisi ISL. Kemenangan keempat sukses diraih Singo Edan usai mengatasi perlawanan Persegres Gresik United 2-1.
Tandang ke Stadion Petrokimia Gresik, Kamis (7/3/2013) petang, Arema datang dengan keyakinan tinggi menyusul tiga kemenangan beruntun atas Persija Jakarta, Sriwijaya FC dan Pelita Bandung Raya. Sementara kondisi terbalik justru dihadapi tuan rumah, Gresik yang menelan kekalahan di tiga laga beruntun.

Bertanding di bawah cuaca cerah, kedua tim memainkan permainan terbuka. Arema seperti biasa mengandalkan duet mesin golnya, Cristian Gonzales dan Beto Goncalves, sementara Gresik memasang duet legiun asingnya, Aldo Baretto dan Matsunaga Shohei.

Masuk menit ke-20, serangan Arema yang lebih terkoordinir, akhirnya membuahkan hasil. Umpan silang I Gede Sukadana disambut tandukan Beto ke pojok kanan gawang Hery Prasetyo. 1-0 Arema unggul.

Tertinggal, Gresik yang tak ingin kembali menuai malu dihadapan publiknya langsung merespon. Matsunaga punya peluang lewat tandukannya menyambut umpan Aldo, namun masih belum menemui sasaran.

Upaya keras skuad Joko Samudro baru membuahkan hasil di menit akhir babak pertama. Pelanggaran Hasyim Kipuw yang menjatuhkan Siswanto berujung pada hadiah penalti. Matsunaga yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan Kurnia Meiga dan membuat kedudukan imbang 1-1 di akhir babak pertama.

Di babak kedua, baik Arema dan Gresik terus melakukan jual beli serangan. Berbagai peluang diciptakan kedua tim, namun belum ada yang berbuah gol.

Arema punya peluang emas untuk kembali unggul pada menit ke-54. Berawal dari umpan tendangan bebas, dua peluang beruntun yang dimiliki El Loco dan Beto dimentahkan tiang gawang.

Serangan demi serangan yang dilancarkan Arema akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-84. Koneksi duet Beto dan El Loco benar-benar membuat barisan belakang Gresik kerepotan.

Gol kedua Arema lahir berkat kerja sama apik keduanya, di mana umpan terobosan Beto berhasil dikejar El Loco yang lepas dari jebakan offside. Dengan sebuah chip ringan nan cantik, mantan bomber Timnas Indonesia ini sukses membobol gawang Gresik.

Di sisa lima menit, Gresik mencoba keras untuk menyamakan kedudukan. Sayang, dari sejumlah percobaan yang didapat, Gresik gagal membobol gawang Arema. Skor 2-1 untuk Singo Edan jadi penutup laga.

Tambahan tiga poin ini praktis membawa Arema menguasai singgasana klasemen sementara. Skuad Rahmad Darmawan mengoleksi 24 poin dari 11 laga, atau unggul tiga poin dari Persipura di tempat kedua. Namun, skuad Mutiara Hitam baru memainkan 9 pertandingan.

Sementara bagi Gresik, kekalahan keempat beruntun ini membuat posisi mereka tak beranjak dari urutan delapan dengan 13 poin. Bahkan, Gresik terancam dilsengserkan tim-tim di bawahnya seperti Persib Bandung, Persepam Madura United atau Persela Lamongan.